Mengenal Bagian-Bagian Gitar Akustik dan Fungsinya

Mengenal Bagian-Bagian Gitar Akustik dan Fungsinya
KategoriArtikel Gitar
Di lihat103 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang
Ketik order_namabarang_kode Produk_jumlah Nego_Transfer bank_nama_alamat pengiriman_nomor telpon silahkan sms ke +6285263388333 atau wa 0853 29627497.
02716727763
+6285263388333
+6285263388333
fathudinalhuda@gmail.com

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN GITAR AKUSTIK DAN FUNGSINYA

Anatomi gitar akustik

Sebelum kita lebih lanjut belajar gitar, alangkah baiknya jika mengenal terlebih dahulu bagian-bagian gitar dan fungsinya. Karena akan sangat membantu ketika kita membaca tutorial tentang tips/trik gitar menggunakan istilah-istilah/nama-nama bagian gitar, maka kalau kita sudah tau dan paham bagian-bagian gitar beserta fungsinya tentu akan mudah dan cepat di mengerti.
Namun pada postingan kali ini, khusus bagian-bagian gitar akustik. Untuk gitar listrik/elektrik saya akan share lain waktu.

 

Penjelasan

1. Kepala (Headstock)
Kepala gitar akustik terdapat di bagian gitar paling atas. Kepala gitar ini berbahan baku kayu yang pada bagianya terdapat Tunner dan Nut. Di kepala gitar juga biasanya terdapat brand atau merek.

2. Nut
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Selain itu nut biasanya berwarna putih.

3. Tunner
Tunner berfungsi untuk menyetem gitar.

4. Fret
Umumnya, pada gitar akustik fret berjumlah 19 buah. Fungsi fret untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck)
Leher gitar adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Jangan membeli gitar yang leher nya melengkung karena leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna.
6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
Bentuk badan gitar sangatlah beragam, dan tergantung dari selera pembuat gitar.

8. Bridge
Fungsi bridge untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar.

9. Soundboard
Soundboard adalah kotak resonansi suara pada gitar. Soundboard ini berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat ruangan yang berfungsi untuk meresonansikan suara dari senar gitar, sehingga suara dari senar akan lebih nyaring dan lebih keras.

10. Lubang Suara
Lubang suara adalah bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.
11. Senar (String)

Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, dan masing – masing senar juga memiliki nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E’ (Standard Tuning).

12. Saddle
Saddle adalah bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi saddle sama dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengan nyaring.

13. Fingerboard/Fretboard
Fingerboard adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).

tags:
  • Mengenal Bagian-Bagian Gitar Akustik dan Fungsinya
  • Mengenal Bagian-Bagian Gitar Akustik dan Fungsinya